Selamat kepada Hestu Kuncoro (162014034) sebagai Pemenang 1

Mbatik atau membatik, membuat corak atau gambar menggunakan tangan dengan menorehkan malam pada kain. Membatik dimulai dengan ketel (mencuci kain mori), nyoret (menggambar pola pada kain), nglowong (pelekatan lilin dengan canting), kemudian dilanjutkan dengan nembok (pemberian malam untuk warna), medel (pencelupan warna pertama, nglorod (merontokkan malam), bironi (pelekatan malam), nyolet (pembubuhan warna dengan kuas), dan nyoga (pencelupan warna tahap kedua). Batik mempunyai motif beraneka ragam dan setiap motif memiliki makna sendiri.

           Ny. Darto Suwarno, nama perempuan dalam foto berpesan “untuk generasi muda kalian harus melestarikan batik sebelum dilestarikan negara lain, kalau bukan kalian yang melestarikan mau siapa lagi. Ini milik kita, Indonesia”.

Dan selamat kepada Triastuti Setyo Wulandari (472015018) Pemenang 2

Indonesia sudah lama merdeka, Indonesia sudah lama menjadi negara berkembang. Banyak pengorbanan yang dikorbankan dan diikhlaskan. ±205 negara didunia, Indonesia merupakan negara yang selalu mau bergotong-royong yang tidak memandang suku, bahasa ataupun daerah. Sekarang, tinggalah penerus bangsa yang sering mengorbankan segalanya untuk merayakan hari kemerdekaan.

Indonesia adalah negara damai, negara yang didambakan. Kekayaan alam yang melimpah dan permainan yang tak pernah luntur ada di Indonesia.